Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Saturday, March 10, 2007

Jatuh ....

Pasti pernah dong ngalamin yang namanya jatuh. Rasanya sakit, badan jadi pegel semua, bahkan tak jarang sampai membuat luka dan mengeluarkan darah.
Akibat yang ditimbulkan oleh peristiwa jatuh ini akan semakin parah jika posisi kita berada jauh di ketinggian. Semua juga tahu, kalo jatuh itu ya ke bawah. Makanya, semakin tinggi keberadaan kita, resiko mengalami luka parah jika jatuh, akan semakin besar.

Begitupula dengan cita-cita, keinginan, harapan, impian, dan ... apapun itu namanya. Kita boleh punya cita-cita. Justru kita harus punya cita-cita, karena dengan adanya sesuatu yang ingin kita capai, akan semakin membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Bayangkan jika kita hidup tanpa ada tujuan. Pastinya hidup kita menjadi tidak terarah dan cenderung mengalami disorientasi. Ujung-ujungnya malah mempertanyakan fungsi hidup, buat apa sih kita hidup ? Nah lho ...
Karena itu, penting punya cita-cita. Kalo perlu seideal mungkin.
Tapi ya harus tetep realistis.
Terkadang, ketika kita sudah mempunyai ekspektasi yang lebih terhadap suatu hal, kita jadi semacam terobsesi dan tak jarang muncul statement ’pokoknya harus’ dalam diri kita. Inilah yang kemudian malah menjadikan beban. Ketika kemudian harapan itu tidak terpenuhi, muncul kekecewaan. Besarnya kadar kekecewaan ini berbanding lurus dengan besarnya ekspektasi yang kita miliki.
Semakin besar kita berharap, semakin kecewa pula kita. Analog dengan peristiwa jatuh tadi. Semakin tinggi kita terbang, maka akan semakin terasa sakit juga saat jatuhnya.

Nah, kekecewaan itulah yang bisa menimbulkan prasangka, mengundang ketidak ridhoan pada ketentuanNya dan akhirnya mutung sama Gusti Allah. Aduh, jangan sampe deh.

So, Optimis itu perlu, tapi kita juga harus tetep mempersiapkan diri untuk kemungkinan yang terburuk sekalipun. Wong yang dipersiapkan saja, kadang masih berat menerimanya kok, apalagi yang tidak dipersiapkan ?

Betul tidak ???

No comments: