Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Saturday, December 08, 2007

Tawakkal

"Tawakal pada Allah ya ..."
Pesan itu terus terngiang-ngiang di pikiranku.
Tawakal ...?
Bagaimana caranya ya ?
Tiba-tiba saja kehilangan makna tawakal.
Bingung. Asli.
"Njuk aku kudu piye ?"
Tanyaku dalam hati, sambil mereka-reka apa yang mesti kulakukan sebagai pengejawantahan tawakal itu tadi.
Lalu mulailah aku beraksi. Daripada bingung dan ga ada yang dilakukan, kucoba membuat list manfaat dan mudharat dari setiap opsi yang kuhadapi. Tentunya semua pertimbangan tadi, tak lepas dari unsur subyektivitas.
Yah ... hidup memang penuh dengan pilihan. Dan adalah kebijaksanaan Allah yang telah memberikan keleluasaan pada manusia untuk memilih. Pun Allah telah memberikan seperangkat sarana pengambilan keputusan yang handal.
Ada akal dan hati yang dapat mengarahkan manusia sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat. Disisipkan pula nafsu untuk mengaburkan kejernihan akal dan kebeningan hati, plus sederetan reward and punishment yang nantinya akan di terima sebagai konsekuensi dari pilihan yang telah di ambil.
Sangat komplit memang.
Namun tetap saja, adalah hal yang membingungkan saat dihadapkan pada banyak pilihan.
Begitulah. Berhari-hari berkutat pada daftar manfaat-mudharat yang telah kubuat. Tarik ulurpun terjadi, tawar menawar dengan diri sendiripun berlangsung, tapi bukannya menemukan jalan terang, eh malah tambah ruwet.
Akhirnya ... menyerah...
Kusimpan lembar catatanku, kutepikan sejenak segala pertimbangan-pertimbangan duniawiku. Mencoba membuka jalan bagi pertimbangan-pertimbangan langit dengan nuansa ukhrawinya agar memberikan petunjuk, arah mana yang seharusnya ku tempuh.
Tiba-tiba. Cling !!!
Terlintas dalam fikirku,
Tawakkal !!!
Yup !! sekarang jadi ngerti bagaimana tawakkal itu.
Kepasrahan penuh dan keyakinan utuh menyeluruh akan keMaha BijaksanaanNya yang kan mengantarkan sesiapa yang meyakini, kepada sebuah jalan keluar. Tentunya setelah berikhtiar secara maksimal.
Oo jadi begitu ?!
WaLlahu A'Lam
AlhamduLiLLah.


Catatan kecil, akhir tahun lalu.

No comments: