Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Saturday, December 08, 2007

Baswei

Tiap bicara soal kemacetan Jakarta, ga akan lepas dari yang namanya busway. Angkutan trans Jakarta inilah yang sering disebut sebagai salah satu penyebab macetnya Jakarta. Terlepas dari bener atau enggaknya statement itu, yang jelas bus trans Jakarta menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para tamu seperti saya. Yah pengen ngerti aja gimana sih rasanya naik busway gitu. Lagian dengan bermodal 3500 perak kita bisa muter-muter Jakarta sepuasnya, selama ga keluar dari Shelternya.
Nah pas tahu Ragunan-Kuningan bisa ditempuh sekali jalan dengan naik busway, langsung deh kepikir buat nyobain. Eh belum-belum udah dibilangin
"wis sesuk ben diterke adhine wae, daripada nanti ilang", kata bulik.
Yah, sudahlah ...
Esoknya beneran dianterin. Lumayan seru juga menyusur jalanan Jakarta naik vespa. Emang bener kata berita. Macetnya .... Subhanallah ...
Benar-benar ujian keimanan dan kesabaran.
Dalam hati kubilang
'Kok betah ya tiap hari kayak gini'.
Masih mending pake motor, jadi bisa nyelip di celah-celah, lha yang pake mobil itu, dah ga bisa kemana-mana lagi selain mengikuti arus yang padat merayap.
Singkat cerita, setelah melewati macet dan rute yang lumayan jauh, sampailah saya di TKP. Karena acaranya lama, jadilah saya ditinggal.
"Kalo udah selesai telpon aja, nanti dijemput", begitu pesan sodara saya.
Saya sih senyum aja penuh arti. Dalam hati nih, dah ada niatan usil yang tengah saya susun, he...
Setelah acara selesai, eh .. ketemu dengan dua orang teman sepadepokan. Salah satunya, selain sepadepokan juga setanah air, Gun Kid's Raya.
Seneng juga bisa ketemu temen disini.
Setelah ngobrol-ngobrol sambil makan, tibalah saat untuk pulang.
"eh Ni, gimana Lo pulangnya ? Jadi dijemput sodara Lo ?"
Tanya temen saya nyang asli Jakarta.
"nggak tahu nih, pengennya sih naik busway aja, katanya sih Cuma sekali doang" (Halah doangnya keluar).
"Kalo Lo gimana, mo naik angkutan atau naik busway ? Kalo mo naik busway, harus 2 kali. Nanti turun di sana, trus naik yang ke arah sono. Cuma kalian nanti beda arah", kata temen saya menjelaskan ke temen setanah air saya.
Saya Cuma bengong aja ndenger penjelasannya. Nggak ada gambaran sama sekali, wong ya belum pernah. Jangankan naik, lihat bentuk busway secara langsung aja belum pernah (Katrok banget tho ???).
"Gimana ? Udah naik aja, mumpung di Jakarta gitu Loh", katanya menyemangati.
"Baiklah. Tapi kasih tahu dulu gimana tata caranya", kataku.
"Gini Lho ... bla ...bla ...bla...", dia menjelaskan.
Temen saya yang lain masih kelihatan bimbang.
"Ya udah deh gue anterin", katanya akhirnya, melihat saya yang masih tetep nggak dong setelah dijelaskan dan temen saya yang juga masih ragu-ragu.
Bertiga, kami melangkah menaiki tangga.
"Deg-degan ya ...", goda temen saya.
"nggak. Biasa aja kaleee", jawab saya sok cool. Padahal ya penasaran juga sih.
Sampe di halte tunggu,
"Nah, nanti Lo naik dari sebelah sini, habis itu turun di pemberhentian terakhir. Dari sana ke tempet sodara Lo, dah tahu jalannya kan ?", tanyanya.
"Sudah dong", jawab saya mantap, karena memang tinggal jalan kaki sekitar 500 m.
"Ya udah, kalo gitu gue nganter dia ya. Nah ... tuh bus nya dah dateng. Ati-ati yah, jangan lupa karcis buswaynya disimpen, kalo perlu dilaminating".
Huuu dasar, saya Cuma nyengir aja ndengernya.
Hhhfffff akhirnya kesampaian juga naik busway. Meski dengan sedikit nekat juga. Habisnya penasaran, nggak setahun sekali bisa ke Jakarta. Dan dasarnya saya yang agak bandel juga sih, suka petualang dan nyoba hal-hal baru. Biar tambah pengalaman gitu. Kalo nggak nyoba mana mungkin bisa ?!
Kesannya ... ???
Lumayan ... di atas rata-rata lah. Adem, bersih, bebas rokok, nyaman deh pokoknya.
Kalo siang lumayan lancar. Cuma kalo pagi dan sore pas jam-jam orang berangkat dan pulang kantor, nih angkutan jadi ikutan macet.
Yah, maklum aja yang namanya di dalam kemacetan, dah ga bisa liat jalur yang kosong langsung diisi. Alhasil, jalur khusus yang sedianya hanya untuk busway dah penuh dengan mobil dan sepeda motor.
Lagi asyik menikmati kenyamanan yang ada (untung ga ketiduran), tiba-tiba
Biip...biip...
Waaaaa, bulik !!! siap-siap diinterogasi nih ... T_T



:estee&depe
atas hari serunya

No comments: