Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Saturday, February 09, 2008

Love and married

Ada yang bilang, cinta adalah syarat awal dari sebuah pernikahan. Dengan kata lain, dua orang itu harus saling mencintai dulu sebelum menikah.
Benarkah ???
Tapi kenapa, ada banyak pernikahan yang awalnya tanpa cinta, bisa tetep langgeng sampe sekarang. Dan sebaliknya, ada pernikahan yang diawali dengan cinta, tapi akhirnya kandas di tengah jalan dan berakhir dengan saling menyakiti.
Ternyata, cinta yang hanya sekedar cinta, tak cukup mampu menggiring bahtera rumah tangga tuk berlabuh dengan selamat di pelabuhan akhir.
Lalu, adakah yang salah dengan pernikahan yang diawali dengan cinta ?
Menurut saya sih, tidak ada. Selama yakin bisa menjaga diri dan hati, menghindari terjadinya fitnah, serta melalui proses yang bersih dan sesuai dengan syariatNya. Hanya yang menjadi masalah adalah sejauh mana keyakinan itu bisa dipertanggungjawabkan. Faktanya, tanpa embel-embel cintapun belum tentu selamat dari yang namanya fitnah.
Bagaimana dengan menikah sebelum adanya cinta ?
Itupun bukanlah suatu hal yang tak mungkin. Toh cinta tidak termasuk dalam rukun nikah (ngasal !!!). Bukan berarti bahwa cinta itu nggak penting. Sepanjang perjalanannya, pernikahan akan selalu membutuhkan cinta. Karena itu, setiap pasangan harus senantiasa memperbarui cinta mereka agar tak pupus oleh waktu. (ampuuun, sotoy banget deh nih anak). Yo ben. Secara teori sih emang begitu.
Hanya saja, rasanya tak cukup bijak untuk menjadikan cinta dengan kenisbiannya sebagai satu-satunya dasar pijakan atau patokan untuk memutuskan "Ya, saya bersedia menikah dengan Anda" atau "Maaf, saya belum bisa menerima Anda".
Pada akhirnya, menikah diawali dengan atau tanpa cinta, semua adalah tentang sebuah pilihan. Yang perlu diperhatikan, bahwa pilihan yang diambil hendaknya didasarkan pada kefahaman, keridhaan dan tanpa keterpaksaan.
WaLLahu A'lam


: yang ingin, akan dan tengah menuju penggenapan separuh din
BismiLLahi tawakkaltu 'aLaLLahi
Semoga Allah memudahkan. Aamiin.
Jo lali undangane ^_^

No comments: