Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Friday, August 10, 2007

Tak sekedar kata

Kata memang suatu yang mudah diucapkan. Tapi ia bisa mempunyai pengaruh yang luar biasa. Dengan kata seseorang bisa tersakiti, dengan kata pula bisa membangkitkan motivasi. Yah tergantung kata apa yang diucapkan dan apa niat dibalik kata-kata itu.
Perjalanan selama ini mengajarkan saya untuk berhati-hati dengan kata, meski dalam hati dan disaat sendiri sekalipun !!! Ya .., karena kata adalah doa. Semisal kita mengucapkan sesuatu kata-kata pas di waktu-waktu yang mustajab, maka amat mungkin sekali ia akan menjadi kenyataan. Karena itu, berpikir dulu sebelum berkata.
Terkadang saya merasa bahwa apa yang saya alami, merupakan akibat dari perkataan saya di waktu lampau. Mungkin sewaktu sedang barcanda atau pas lagi emosi. beberapa kali saya mengalami hal ini.
Pernah sekali waktu saya keceplosan bilang "ah ga bakalan deh ...", padahal itu hanya saya ucapkan dalam hati. Ternyata beberapa waktu kemudian saya justru mengalami hal yang saya nafi'kan tadi. Bisa jadi itu teguran dari Allah, supaya kita tidak gegabah dalam mengeluarkan statement, komentar atau apalah itu.
Setelah saya rasa-rasakan, ternyata dalam kata "nggak bakalan deh" yang terlanjur saya ucapkan itu, tersirat sebuah sikap angkuh yang terselubung. Mungkin kita memang tidak berniat untuk demikian, tapi dengan kata tersebut menyiratkan seolah kita yang berkuasa atas diri kita dan melupakan bahwa kuasa Allah meliputi segala sesuatu termasuk diri kita. Sehingga Allah perlu untuk 'sedikit' memberi pelajaran kepada hambaNya yang khilaf ini.
Ternyata ... begitu besar dampak dari kata yang terlihat remeh temeh tadi.
so, hati-hati dalam berkata-kata meski di saat sendiri dan dalam hati sekalipun !!
Karena pada hakikatnya, kita tak pernah sendiri. Ada Allah dan dua malaikat yang setia di samping kiri dan kanan kita.
wallahu a'lam

No comments: