Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Thursday, August 23, 2007

Arti Sebuah Nama

"Apalah artinya sebuah nama",
Begitu kata Shakespeare. Tapi ternyata nama bukanlah sekedar nama. Ada yang mengatakan, nama adalah do'a. Ya, nama yang kelihatannya sepele ternyata ia adalah sederetan huruf yang mewakili keseluruhan dari diri kita.
Ada kesan mendalam yang dirasakan, saat di tempat yang kita merasa tidak ada seorangpun yang mengenal kita, tiba-tiba ada yang menyapa dengan menyebutkan nama kita. Itu pula yang pernah rasakan saya.
Suatu hari saya menunggu seseorang di suatu tempat. Saya hampir yakin bahwa dalam lingkungan itu sedikit sekali atau bahkan hampir tidak ada yang mengenal saya. Kalopun ada paling ya hanya sekedar hafal wajah tanpa tahu nama. Sedangkan saya sendiri cukup tahu dan hafal nama orang-orang yang berlalu lalang di tempat itu, meskipun tidak cukup kenal, karena memang saya sering mengunjungi tempat itu. Lagi asyik-asyiknya menunggu lewatlah seseorang yang saya kenal. Saya sering bertatap muka dengan beliau, beberapa kali berbincang dengan beliau, tapi saya masih tidak terlalu yakin bahwa beliau mengenal saya. Sehingga saya memutuskan untuk menyapa sekedarnya saja. Melempar senyum dan menganggukkan kepala sebagai bentuk penghormatan. Baru saja hendak saya lakukan tiba-tiba, beliau lebih dulu bertanya,
"Nunggu siapa er ?"
Ups ! Saya kaget mendengarnya. Asli. Nggak nyangka kalo ternyata beliau mengenal saya dan mengingat nama saya. Dan dampaknya pun cukup signifikan. Ada rasa diakui dan dihargai. Bener lho. Selain itu, saya jadi tambah respect dengan beliau.
Dulu saya pernah mendapat beberapa tips tentang bagaimana menyentuh hati (Lebih lengkapnya baca buku Bagaimana Menyentuh Hati). Salah satunya adalah dengan menghafal nama. Pas saya praktekkan, ternyata memang benar. Dengan berbekal nama, akan lebih mudah dalam menjalin keakraban, dan menghilangkan sekat-sekat yang ada.
Dari pengalaman-pengalaman itu saya jadi nyadar, bahwa nama bukanlah sekedar nama, tapi sebuah nama mempunyai arti yang cukup besar bagi pemiliknya.

No comments: