Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Thursday, August 23, 2007

Masa lalu

Sebuah percakapan di suatu siang.
"Menurutmu, jika ada seseorang yang kau kenal ternyata mempunyai masa lalu yang kelam. Masihkah kau tetap akan berteman dengannya ?".
"Kalo aku sih, ga masalah. Yang penting adalah bagaimana dia yang sekarang, dia yang kukenal saat ini, bukan dia di masalalu".
"Tapi bukankah sedikit banyak, masalalu itu akan mempengaruhi masa kini, karena tidak bisa dipungkiri bahwa dia yang kau hadapi sekarang adalah output dari dia di masalalu dengan berbagai peristiwa yang dialaminya ? Tidakkah kau takut, dia akan kembali menjadi dia yang dulu ?"
"Yah, setiap orang pasti pernah melakukan kekhilafan di masalalu. Tapi ketika dia sudah sadar akan kesalahannya kemudian menyesali dan bertekad untuk tidak lagi mengulangi, apakah kita masih tetap akan menghukuminya atas kesalahannya itu dengan tidak lagi berteman dengannya ? Kita mesti bijak dalam menyikapinya. Akan sangat tidak adil rasanya, jika kita menilai seseorang hanya dari masa lalunya."

Setiap kita pasti memiliki masalalu. Adakalanya ia menjadi sesuatu yang begitu pribadi, sehingga tidak ingin diketahui oleh orang lain.
Masa lalu, baik ataupun buruk, telah menjadi bagian dari kehidupan seseorang. Ia akan selalu mengiringi kemanapun ia pergi. Memang butuh kelapangan hati untuk menerima kelamnya masalalu dari orang yang kita kenal. Ketergesaan dalam mengambil sikap hanya akan menimbulkan akibat yang berujung pada renggangnya pertemanan yang terjalin. Padahal bisa jadi di saat itu, ia tengah butuh dukungan dari orang yang ia percaya untuk bangkit dari keterpurukannya di masa lalu. Dan bisa jadi pula orang itu adalah kita.
Buka mata, Buka Hati

No comments: