Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Thursday, August 23, 2007

si Cacy

Pas lagi asyik-asyiknya baca buku, eh tiba-tiba ada yang dengan santai melintas di depanku. Makhluk kecil sepanjang 15 cm merayap perlahan, entah darimana munculnya. Terbersit keinginan untuk segera membuangnya. Tapi niat tersebut urung, oleh satu tanya yang muncul. Kenapa ya manusia merasa jijik dengan makhluk itu. Ya ... Makhluk yang menjadi tokoh utama kita kali ini bernama Latin Platyhelminthes.
Karena makhluk ini, kegiatan membaca bukupun terhenti, dan berganti dengan pengamatan seksama terhadap si cacy yang tengah melintas.
Melihatnya berjalan membuatku terharu. Ia terlihat begitu susah payah menggerakkan ruas-ruas tubuhnya agar bisa berjalan. Untuk menempuh jarak satu meter saja harus menghabiskan waktu selama 5 menit.
Ya Allah ..., dia itu makhluk Allah juga, sama seperti aku. Lalu kenapa harus merasa jijik ? Bukankah rasa jijik pada sesuatu itu menunjukkan adanya perasaan bahwa dirinya lebih baik dari sesuatu itu ?
Memang secara fisik, manusia lebih sempurna dari makhluk Allah yang lain. Manusia diberi akal dan hati, yang itu tidak diberikan kepada makhluk lain. Dengan kelebihan itu, manusia bisa menjadi lebih tinggi derajatnya dari para malaikat, tapi bisa juga menjadi lebih rendah daripada hewan.
Lalu, apakah benar manusia lebih baik daripada cacing ?
Pengamatanku mengantarkanku pada satu kesimpulan yang menjadi jawab dari pertanyaan tadi.
Ya ... secara fisik, manusia jauh lebih baik dan lebih sempurna dibanding si Cacy. Tapi ... dari segi penghambaan kepada Zat yang telah Menciptakan dan Memberi Rizki, bisa jadi ia jauh lebih baik dari manusia.
Wallahu a'lam

"Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal di antara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai daripadanya dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan" (Al Baqarah : 74)
"Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih keada Allah. Dan tidak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memujiNya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun" (al Israa : 44)

No comments: