Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Friday, November 09, 2007

Rizki

Yang namanya sudah rizki memang nggak akan kemana-mana kok. Kadang saya dibuat heran sendiri dengan pengalaman-pengalaman saya.
Misalnya saja pas dalam perjalanan naik kendaraan dan bensinnya limited. Niatnya sih beli di SPBU, tapi ternyata di tengah jalan bensin dah habis duluan, jadi deh beli eceran di pinggir jalan. Eh ga tahunya, pas jalan lagi, SPBU hanya terletak tak lebih 10 meter dari tempat saya membeli bensin tadi. Berarti memang sudah rizkinya Bapak penjual bensin eceran tadi.
Kali yang lain, pas pulang dari berpergian, ditengah jalan melihat pedagang es cincau. Sempat terpikir, gerimis-gerimis kok jualan es. Tapi tiba-tiba tangan refleks mengerem kendaraan, dan berkata ke penjual tadi, "es cincau kalih, Pak !".
Lho ???
Jadi heran sendiri, kok akhirnya beli sih. Padahal kan sebenarnya nggak terlalu pengen, lagian juga mau hujan, kok malah beli es. Tapi ya sudah terlanjur, memang sudah diskenariokan seperti itu kali ya ...
Begitulah, rizki memang bisa datang dari arah yang tidak disangka-sangka.
Saat-saat tengah berikhtiar mencari jalan tuk menjemput rizki seperti sekarang ini, memang harus pandai-pandai menguatkan diri, supaya tidak mudah putus harapan.
Sebuah ayat membuat saya terjaga, saat lelah mulai menghampiri dan rasa bosan menjalari proses ikhtiar saya.
"Amman haadzalladzii yarzuqukum in amsaka rizqohu …"*
'Atau siapakah dia ini yang memberi kamu rizki jika Allah Menahan RizkiNya ? ...'
Ya ... siapakah yang memberi rizki kepada kita, jika bukan Allah ?
Mbok berusaha sampai jungkir balik sekalipun, jika Allah menahan rizkiNya, maka rizki itu tidak akan sampai kepadanya.
Namun, dalam berikhtiar, harus selalu mengedepankan khusnudzon kepada Allah. Satu hal yang harus tertanam kuat-kuat dalam hati. Keyakinan akan janji Allah yang tak pernah tersalahi. Janji Allah yang telah menjamin rizki bagi seluruh makhlukNya.
"Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rizkinya …"**

Allahumma inkaana rizqi fissamaa i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa nkaana mu'asiron fa yassirhu, wa inkaana ba'iidan fa qorribhu wa inkaana harooman fa tohhirhu


* Al Mulk : 21
** Hud : 6

No comments: