Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Saturday, April 07, 2007

Birokrasi

Berhadapan dengan yang namanya birokrasi, itu artinya harus benar-benar menyiapkan mental, kudu dawa ususe lan jembar segarane, harus menyiapkan kesabaran yang tanpa batas, harus siap dilempar-lempar kayak bola pingpong, harus bertarung melawan rasa kesal, dongkol, marah dan berbagai emosi negatif lainnya, harus siap capek dan pegel-pegel, serta harus mempunyai cadangan oksigen yang memadai sehingga suplay O2 menjadi lancar. Karena saat-saat itu, merupakan saat-saat yang berat, hingga serasa menyesakkan dada.
Fheewww, Benar-benar.
Ketik C spasi D, Cape’ Deh ….
Sudah menjadi rahasia umum, jika sudah menyangkut masalah birokrasi maka urusan akan menjadi puaaannnjjaaanggg dan laaammmaaa. Bikin orang males aja.
Kengganan untuk bersinggungan dengan segala keribetan dan keruwetan itulah yang membuat orang berinisiatif untuk mencari cara dan jalan lain yang lebih cepat, lebih praktis, nggak perlu capek, nggak membuang waktu, tenaga dan pikiran. Akhirnya muncullah kasus-kasus ‘penembakan’ saat membuat SIM, bayar di tempat saat kena tilang, dan sejenisnya. Kalo sudah begitu, ya secara tidak langsung birokrasi yang terlalu belibet tadi ikut andil pula dalam menumbuhsuburkan budaya KKN di negeri ini.
Memang sih bukan aturannya saja yang harus diubah, tapi mentalitas manusianya juga perlu diperbaiki.
Dilematis memang. Di satu sisi, birokrasi memang perlu supaya terjadi keteraturan dalam administrasi, tapi kalo jadinya malah membuat ketidakteraturan dalam hal lain, kan ya nggak efektif dan efisien juga tuh.
Kenapa ya, nggak dibuat aturan yang sederhana saja, sehingga semua merasa ringan dalam menjalankannya dan bukannya malah merasa terbebani.
Atau mungkin prinsip yang dianut adalah :
“Kalo ada yang sulit kenapa dipermudah ???”
Tanya kenapa ???

No comments: