Mimpiku ...

Menjadi apa adanya diriku ... Memberi yang terbaik dan terindah Tuk mereka yang tercinta

Monday, November 01, 2004

jagain ade kecil

Barusan ana nemenin ummahat belanja sama dede' kecil, umur 2 bulan, namanya Aufa. Lumayan lama juga. Tapi seneng, asli.
Selama belanja itu kan dede'nya aku yang gendong. hfff capek juga ternyata. Tapi nggak tahu ya, ada rasa bangga bisa gendong ade kecil. Terharu gitu loh. Biar aja pada dilihatin. Dikiranya anakku kali yah. Mungkin dipikirnya "aduh, kasihan kecil2 dah punya anak", hehe. Pikiran usilku mulai beraksi. Ah tapi akunya sih cuek aja.
Udah beberapakali aku diminta jagain mujahid kecil Aufa. Dan sedikit banyak aku bisa ngrasain gimana rasanya jadi ummi. Ternyata subhanallah, luar biasa !!! Itu yang kurasakan. It so wonderful and beautiful. Bener deh. Penuh perjuangan, dan yang main disini adalah bahasa hati.
Awalnya sih canggung dan takut juga. Gimana yah kalo nangis n ga bisa diem. Trus kalo BAK dan BAB. Wah kok kayaknya mengerikan. Tapi setelah dijalani ternyata enjoy juga. Penuh tantangan. Banyak hal yang kualami dan kudapatkan. Dede'nya nangis, itu dah biasa, dan bukan sesuatu yang perlu ditakuti. Biasanya anak kecil nangis tuh karena dia tidak nyaman dengan kondisinya. Misal karena dia kehausan, atau dia lagi BAK atau BAB. Jadi bisa dibilang nangis adalah bahasa komunikasi seorang bayi. Sebenarnya tuh dia pengen bilang, "Ama, aku nih haus pengen minum", atau " Ama, aku nih pipis, bajuku sampe basah semua nih lho ma, kok ama diem aja, aku kan nggak nyaman ma", gitu. Itu kalo terjemahan versi erni lho, hehe.
Pokoknya tak bisa diungkapkan deh, hanya bisa dirasakan.
Yah memang menjadi ummahat tidak hanya sekedar masalah mengurus anak, tapi banyak ketrampilan lain yang perlu dikuasai oleh seorang ummahat. Dan kalo dilihat dari diri aku sekarang, rasanya masih banyak hal yang belum kukuasai. Meskipun begitu tetep aja males tuk membekali diri. Bayanganku sih itu masih lama, jadi yah nanti-nanti ajalah.
Tapi sebenarnya ini pandangan yang keliru. Harusnya meskipun masih lama, tapi kan ga ada salahnya kalo dipersiapkan dari sekarang. Tul ga ?!

: salsabila's, jangan malu tuk memulai, OK!
: mujahid kecil aufa, jadilah mujahid setia, yang selalu menepati janji, seperti harapan abi dan ummi


No comments: